Konsep Dasar Bisnis Internasional
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada kemajuan bidang komunikasi, transportasi, dan infromasi. Setiap negara memiliki keterbatasan dan kelebihannya sehingga mendorong aktivitas bisnis yang ada pada suatu negara untuk melakukan ekspansi keluar negeri. Bisnis domestik yang selama ini dilakukan oleh perusahaan - perusahaan nasional mulai ditinggalkan untuk beranjak ke bisnis yang berskala internasional atau dengan kata lain perusahaan mulai terlibat dalam bisnis internasional.
Pengertian mengenai bisnis internasional telah dikemukakan oleh banyak ahli seperti:
1. Rugman dan Hodgets (1995) bahwa, International business is the study of transactions taking place across national borders for the purpose of satisfying the needs of individuals and organizations.
2. Griffin dan Pustay (1996) bahwa, International business in asy business tranzaction between parties from more than one country is part of International business.
3. Ball dan Wendell (2004) bahwa, bisnis internasional merupakan bisnis yang kegiatan - kegiatannya melewati batas - batas negara.
Dengan demikian bisnis internasional dapat di
artikan sebagai aktivitas yang berupa transaksi bisnis antara lebih dua negara
yang melibatkan pihak – pihak individu perorangan, individu perusuhaan kelompok
perusahaan, aatau agen – agen internasional dan juga diartikan sebagai studi
yang mempelajari aktivitas tersebut (Rusdin, 2002).
Bagaimana bisnis internasional dibedakan dengan bisnis domestik? Secara sederhana bisnis yang melibatkan transaksi didalam suatu kesatuan. Secara lebih perinci perbedaan antara bisnis internasional dan bisnis domestik terletak pada masalah mata uang, sistem hukum serta budaya dan ketersediaan sumber daya yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Bisnis internasional merupakan praktik bisnis yang melibatkan seluruh pertimbangan tersebut karena melibatkan beberapa negara. Sementara itu, bisnis domestik merupakan aktivitas bisnis yang terjadi pada suatu negara tempat penggunaan mata uang, budaya, sistem hukum, dan sumber – sumbernya relatif sama.
Istiah – istilah dengan pengertian bisnis internasional, yang terkadang
dihubungkan sama dengan bisnis internasional.
1. Bisnis domestik adalah aktivitas bisnis
yang recara nyata ditujukan pada aktivitas bisnis dalam negeri.
2. Bisnis internasional, bertindak lebih
jauh lagi dari bisnis domestik dan bukan sekedar pemasaran ekspor, tetapi lebih
jauh terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi
melakukan bisnis.
3. Bisnis multinasional, dalam bisnis
multinasional, organisasi pmeasaran internasional dimulai dengan memfokuskan
pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan.
4. Bisnis global/transnasional, yaitu
bisnis yang memfokuskan pada aset pengalaman, serta produk perusahaan secara
global dan melakukan penyesuaian pada apa yang benar – benar unik berbeda dalam
setiap negara (Rusdin, 2002)
B. Tujuan Dan Manfaat
Bisnis Internasional
Bagi banyak perusahaan, keterlibatannya dalaam bisnis internasional lebih banyak dilatarbelakangi oleh motifnya untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Seiring dengan kondisi tersebut, terlihat semakin banyak industri multinasional yang muncul dan berkiprah dalam industry, baik ditingkat regional maupun intenasional. Saat ini telah terjadi perubahan – perubahan yang begitu cepat dalam dunia ekonomi. Tidak akan pernah sebuah negara yang hanya memprioritaskan ekonomi nasionalnya sendiri, tanpa dipengaruhi oleh perdagangan dan investasi luar negeri. Kenyataan ini menunjukan adanya pengaruh globalisasi yang tidak mengenal batas. Globalisasi telah menjadi sebuah fenomena menuju sistem ekonomi global yang terjadi selama beberapa tahun belakangan ini. Dasar keberhasilan program pemasaran global adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya dan sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan lingkungan.
Baca Juga:
- KONSEP DASAR MANAJEMAN SUMBER DAYA MANUSIA
- Pengertian Logika, Bahasa Logika, dan Sejarah perkembangan Logika (ISIP4211)
- Latihan Soal Mata Kuliah Komunikasi Bisnis
C. Kekuatan – kekuatan yang mendasari bisnis internasional
Globalisasi pasar menjadi cepat terwujud disebabkan beberapa faktor berikut (Rusdin, 2002):
1. Diterapkannya secara meluas sistem dan
kebijakan perdagangan bebas.
2. Perkembangan teknologi, khususnya
telekomunikasi dan infromasi.
3. Terjadinya perubahan peta kekuatan
politik dunia akibat hancurnya sosialis komunis, khsusnya dinegara Eropa Timur
dn eks-Soviet, yang mengakibatkan unggulnya sistem kapitalis.
Kekuatan yang mendasari bisnis internasional berorientasi pada management oriented. Dalam hal ini, ada tiga orientasi yang menjadi pedoman bisnis internasional, yaitu etnosentris, polisentris, dan geosentris, yang kemudian menjadi geosentris.
1. Etnosentris adalah suatu asumsi atau
keyakinan negeri asal sendirilah yang lebih unggul. Dalam perusahaan
etnosentris, operasi diluarnegeri dianggap kurang penting dibandingkan dengan
domestik, terutama dilakukan untuk melempar kelebihan produksi domestik.
2. Polisentris merupakan kebalikan dari
etnosentris, yaitu keyakinan yang didasari bahwa setiap negara unik dan berbeda
– beda. Cara untuk meraih sukses disetiap negara adalah harus dapat
menyesuaikan diri dengan perbedaan unik dari setiap negara.
3. Pada geosentris dan regionsentris,
perusahaan memandang wilayah regional dan seluruh dunia sebagai seuatu pasar
dan mencoba mengembangkan strategi pemasaran terpadu secara regional atau
dunia. Regionalsentris merupakan orientasi geosentris yang terbatas pada suatu
wilayah regional. Itu artinya manajeman harus mempunyai pandangan dunia ke arah
wilayah regional, tetapi akan memandang sisa dunia dengan orientasi etnosentris
atau polisentris atau kombinas keduannya. Perusahaan etnosentris melakukan
sentralisasi dalam manajeman pemasarannya, perusahaan polisentris melakukan
desntralisasi, sedangkan perusahaan geosenstris dan regionalsentris
mengintergrasikan.
Itu adalah salah satu chat dengan konsumen PARFUM CINTA beberapa waktu lalu. Ada ribuan testi seperti itu yang puas bahkan berterima kasih karena sudah jual parfum cinta.
Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555
Untuk yang jomblo, aroma khas parfum ini akan berinteraksi ke pikiran yang dapat menimbulkan rasa suka, naksir, bahkan jatuh cinta dari lawan jenis Anda, sehingga memudahkan Anda mencari pasangan.
Untuk yang sudah punya pasangan, parfum ini bisa membuat pasangan Anda lebih mesra, lebih nyaman, makin lengket, dan wanginya bikin tambah kangen.
Untuk yang sudah menikah, parfum ini bisa sedikit berbahaya, hehe. Aroma khasnya akan membuat pasangan Anda pengennya romantisan terus, jdi sering bolos kerja.
KELEBIHAN
Parfum ini juga tidak mengandung alkohol, jadi tidak lengket di baju atau badan Anda. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu was-was, parfum ini halal dan bisa digunakan ketika shalat.
Parfum ini beraroma soft dan tidak nyengat, sangat lembut sehingga banyak yang suka.
Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555