-->

Perbedaan Bisnis Di Era Sebelum dan Sesudah Globalisasi

Globalisasi bisnis di era globalisasi

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia harus ikut serta mengiringi perkembangan tersebut. Perkembangan tersebut mengakibatkan banyak hal yang berubah menjadi maju atau lebih berkembang dengan sangat pesatnya, seperti tentu teknologi, perkembangan zaman mengakibatkan perkembangan teknologi menjadi sangat pesat sekali, berkembang dengan sangat drastisnya. Tak hanya teknologi yang berkembang pesat oleh karena perkembangan zaman, banyak hal lain juga yang ikut serta berkembang seperti ekonomi, bisnis, sosial, budaya dan lainnya pun ikut berkembang. Perkembangan zaman itupun membuat dunia bisnis menjadi berkembang, banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis.

Perlu kita ketahui di zaman sekarang ini semua kegiatan sudah memerlukan tekhnologi canggih karena perkembangan zaman tadi. Tak ketinggalan bisnis. Di zaman sekarang, bisnispun menggunakan beberapa media canggih dengan tujuan memperluas jaringan atau menarik keuntungan yang lebih dengan menggunakan media internet, dan lainnya.

Di zaman sekarang ini, banyak bisnisman (yang melakukan bisnis ) baik bisnis individu atau kelompok (organisasi) menawarkan produk yang akan mereka jual melalui jaringan internet. Karena apa? Karena dengan internet atau jaringan lainnya di dunia maya para bisnisman dapat dengan mudah mencari konsumen, dan modal yang di keluarkan pun lebih sedikit daripada dunia nyata. Jadi kesimpulannya hidup berbisnis sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman, yaitu perkembangan tekhnologi, karena sangat pentingnya tekhnologi bagi kehidupan manusia dan bisnis khusunya. Sangat penting sekali teknologi bagi kehidupan berbisnis, karena banyak juga keuntungannya seperti dengan tekhnologi yang canggih dunia bisnispun menjadi menarik untuk di pelajari, atau dengan tekhnologi yang canggih para bisnisman dapat dengan mudah dan dengan luasnya melakukan penawaran baik menawarkan barang ataupun jasa.

1. Pengertian Bisnis

Bisnis adalah bentuk usaha yang menghasilkan produk atau jasa untuk pelanggaan. Selain itu bisnis juga merupakan kegiatan untuk mendapatkan keuntungan. Pengertian keuntungan itu sendiri ialah pendapatan yang diperoleh setelah dikurangi biaya operasional, termasuk membayar gaji karyawan dan anda sebagai yang mengelola bisnis. Selain ada keuntungan pastinya dalam dunia bisnis ada yang namanya kerugian, kerugian itu dimana pendapatan yang diperoleh dalam menjalankan bisnis lebih kecil dari seluruh biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Bisnis yang sukses bisnis ialah bisnis yang mampu menawarkan sesuatu yang menguntungkan bagi pelanggan. Kegagalan bisnis juga sering terjadi, namun banyak pelauku bisnis yang sukses karena pelaku bisnis mampu belajar dari kegagalan – kegagalan sebelumnya. Untuk memulai bisnis seorang pengusaha terlebih dahulu harus menentukan bisnis yang akan ia tawarkan kepada masyarakat atau pasar, pelaku bisnis harus jeli dalam melihat keunggulan atau kompetitif yang dimilikinya.

A. Bisnis di era sebelum globalisasi

Globalisasi modern awal atau proto-globalisasi mencakup periode sejarah globalisasi antara 1600 dan 1800. Konsep proto-globalisasi pertama kali diperkenalkan oleh sejarawan A. G. Hopkins dan Christopher Bayly. Istilah ini berarti fase peningkatan hubungan dagang dan pertukaran budaya yang menjadi ciri khas periode sebelum munculnya globalisasi modern pada akhir abad ke-19. Fase globalisasi ini dicirikan oleh bangkitnya imperium maritim Eropa pada abad ke-16 dan 17. Imperium pertama yang muncul adalah Portugal dan Spanyol, kemudian munculah Belanda dan Britania. Pada abad ke-17, perdagangan dunia berkembang lebih jauh ketika perusahaan kerajaan (chartered company) seperti British East India Company (didirikan tahun 1600) dan Vereenigde Oostindische Compagnie (didirikan tahun 1602, sering dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama yang membuka sahamnya.

B. Bisnis di era modern ekspansionisme

Globalisasi modern awal berbeda dengan globalisasi modern dalam hal tujuan ekspansionisme, cara mengelola perdagangan global, dan tingkat pertukaran informasi. Periode ini ditandai oleh banyaknya perjanjian dagang seperti yang dilakukan East India Company, peralihan hegemoni ke Eropa Barat, terjadinya konflik berskala besar antara negara besar seperti Perang Tiga Puluh Tahun, dan munculnya komoditas baru seperti perdagangan budak. Perdagangan Segitiga memungkinan Eropa mendapatkan keuntungan dari sumber-sumber daya di dunia barata. Perpindahan hewan, tanaman, dan wabah penyakit yang dikaitkan dengan konsep Pertukaran Columbus oleh Alfred Crosby juga memainkan peran penting dalam proses ini. Perdagangan dan komunikasi modern awal melibatkan banyak kelompok masyarakat, termasuk pedagang Eropa, Muslim, India, Asia Tenggara, dan Tiongkok, terutama di kawasan Samudra Hindia.

C. Bisnis era kecanggihan teknologi

Sekarang ini bisnis sudah memasuki era global, dimana kecanggihan teknologi dan iptek semakin maju, karena hampir semua orang menggunakan alat – alat atau mesin yang canggih, bisa dilihat dari lingkungan sekitar kita, dimana hampir semua manusia, kita, teman – teman dari yang muda sampai yang tua menggunakan handphone dan barang elektronik lainya. Bisa kita lihat sendiri, kita bisa berhubungan dengan orang yang lokasinya berbeda dengan kita hingga mencapai puluh bahkan ribuan Kilometer dari tempat kita. Bahkan sekarang ini semakin canggih lagi dengan ada yang namanya ecommerce, apa itu e-commerce?

E-commerce bila diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya perdagangan electronic, e-commerce ini pertamakali ada pada tahun 1994 pada saat banner electronic petamakali dipakai untuk media informasi, periklanan dan promosi di websait. E-commerce fungsinya untuk memasarkan, penjualan, pembelian barang dan jasa secara electronic. E-commerce ini termasuk dalam penerapan e-business, dimana e-business ini cakupannya lebih luas tidak hanya bidang perniagaan namun juga bisiness skala besar seperti pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan kerja, dll.

E-commerce ini sangat memudahkan para pebisnis dalam menjalankan usaha nya, seperti salah satu contoh nya penjual martabak, penjual martabak sekarang mulai mencoba inovasinya dalam hal pemasaran yaitu melalui media social dalam pemasarannya, dengan target anak muda, karena anak muda sekarang ini tidak ada yang tidak mengenal social media, dan pengirimannya melalui delivery order dan bisa bekerjasama dengan ojek online yang sekarang sudah sangat menjamur. Beberapa perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Amazon.com, dan PayPal. Bidang perdagangan elektronik di Indonesia sendiri mulai menggeliat sejak hadirnya usaha rintisan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik seperti elevenia, Lazada, bukalapak, tokopedia.

D. Dampak negatif era globalisasi kecanggihan bisnis

Namun di era globalisasi ini banyak juga hal negative nya atau kemungkinan besar adalah salah satu pemicu kerugian pada usaha yang kita geluti, karena bisnis di era global ini semakin banyak orang pintar yang menggunakanya untuk hal negative, seperti banyaknya penipuan, atau membohongi konsumen, atau bahkan usaha kita yang tertipu. Karena semakin canggih nya teknologi, namun sekarang ini banyak sekali e-commerce yang melayani atau menyediakan atau bisa juga sebagai perantara untuk jual beli, dengan kita memulai bebisnis dari situ kemungkinan kita mengalami kerugian akibat penipuan dapat di minimalisir. Jadi kita sebagai seorang wirausawan, produsen ataupun konsumen harus lebih pintar lagi agar kemungkinan tertipu dan mengalami kerugian dapat diminimalisir. Jadi di era globalisasi ini kita didorong untuk lebih berinovasi, harus siap menghadapi persaingan yang lebih ketat, dan kita harus lebih pandai lagi melihat peluang – peluang yang ada.

Beda dengan sebelum era globalisasi, teknologi belum berkembang sepesat ini, semua bisnis dilakukan secara manual, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) belum sampai semaju sekarang ini, semua dilakukan secara face to face, man to man, bahkan iklan atau pemasaran saja hanya melalui iklan baris di Koran, dan dari mulut – kemulut. Namun di era ini kemungkinan kerugian yang dialami pengusaha atau wirausahawan tidak begitu besar, memang kemungkinan kerugian bisa terjadi karena semua usaha tidak ada yang namanya selalu untung pasti ada rugi nya, namun kerugian karena tertipu sangat minim, dan kemungkinan kerugian dapat terjadi karena kita kurang dalam pemasaran, atau barang yang kita produksi kurang menarik.

Didalam era sebelum globalisasi ini investasi dari luar negeri juga masih sulit untuk masuk kedalam negeri karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta system informasi yang belum maju, sehingga investor enggan melakukan investasinya didalam negeri, mereka lebih memilih Negara maju yang teknologinya lebih canggih, dibanding Negara yang sedang berkembang. Selain itu jarak juga berpengaruh di era sebelum globalisasi ini, karena belum memadainya alat transportasi.

E. Kendala menajalankan bisnis di era globalisasi

Jadi kendalanya dalam menjalankan bisnis atau usaha di era sebelum globalisasi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang belum begitu berkembang pesat seperti ini, semuanya harus dilakukan secara manual. Di era ini pelaku usaha diharuskan lebih memikirkan strategi pemasaran hingga usahanya atau hasil produksinya dikenal luas dikalangan konsumen, selain itu pelaku usaha juga harusnya tidak lupa yang namanya inovasi, karena didalam usaha yang namanya inovasi sangat penting, karena inovasi adalah pembaruan usaha kita atau salah satu cara untuk menambah daya tarik kepada consumen, agar konsumen tidak merasa bosan dengan apa yang kita hasilkan.

Sebenarnya di era globalisasi dan sebelum era globalisasi, strategi untuk usaha sama saja hanya cara melakukan pemasaran dan produksi yang berbeda dimana pada era sebelum era globalisasi proses atau pemasarannya masih manual sehingga proses produksi relative lama, Karena alat atau teknologi yang digunakan masih belum secanggih era globalisasi alias belum modern. Begitu juga dengan pemasaran dahulu pemasaran hanya melalui iklan di Koran baris atau dari mulut ke mulut, karena sekarang di era globalisasi pemasaran semakin mudah banyak media yang bisa dijadikan lapak atau tempat untuk kita memasarkan produk kita, hingga mudah sekali di kenal oleh konsumen. Namun kita harus lebih berfikir lagi untuk memenangkan persaingan antar pelaku usaha. Kita harus membuat rencana jangka panjang dan jangka pendek guna mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi pada usaha atau bisnis kita dikemudian hari nanti, karena memang sengitnya persaingan antar pelaku usaha, apalagi sekarang sudah dimulainya perdagangan bebas global seperti MEA (Masyarakat Economic Asean), ITO (internastional trade organization).

F. Etika dalam berbisnis, yang diantaranya:

  1. Mampu menentukan tindakan mana yang harus dijalankan dan mana yang harus dihindari.
  2. Mempunyai niat yang baik dalam berbisnis.
  3. Jujur dalam berbisnis.
  4. Tidak bersifat serakah atau tamak.
  5. Memiliki sifat bertanggung jawab.
  6. Mengendalikan diri dari tindakan main curang.
  7. Tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.

Jadi etika sangat penting dalam menjalankan usaha atau bisnis yang kita jalani.



Itu adalah salah satu chat dengan konsumen PARFUM CINTA beberapa waktu lalu. Ada ribuan testi seperti itu yang puas bahkan berterima kasih karena sudah jual parfum cinta.

Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555

Untuk yang jomblo, aroma khas parfum ini akan berinteraksi ke pikiran yang dapat menimbulkan rasa suka, naksir, bahkan jatuh cinta dari lawan jenis Anda, sehingga memudahkan Anda mencari pasangan.


Untuk yang sudah punya pasangan, parfum ini bisa membuat pasangan Anda lebih mesra, lebih nyaman, makin lengket, dan wanginya bikin tambah kangen.


Untuk yang sudah menikah, parfum ini bisa sedikit berbahaya, hehe. Aroma khasnya akan membuat pasangan Anda pengennya romantisan terus, jdi sering bolos kerja.


KELEBIHAN

Parfum ini juga tidak mengandung alkohol, jadi tidak lengket di baju atau badan Anda. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu was-was, parfum ini halal dan bisa digunakan ketika shalat.


Parfum ini beraroma soft dan tidak nyengat, sangat lembut sehingga banyak yang suka.


Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555


0 Comments