-->

Latihan Soal Mata Kuliah Komunikasi Bisnis

1. Uraikan 6 unsur pokok dalam komunikasi bisnis.

Jawab.
Menurut Rossenblatt, dkk. (1997), komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi, dan sebagainya yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau interpersonal melalui simbol – simbol atau sinyal -sinyal untuk mencapai tujuan organisasi, pengertian diatas, bila kita perhatikan, memiliki 6 unsur pokok dalam kegiatan komunikasi bisnis.
  • Bertujuan, berarti komunikasi harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan pencapaian tujuan organisasi.
  • Pertukaran.
  • Gagasan opini, informasi istruksi.
  • Saluran personal atau interpersonal
  • Simbol atau sinyal
  • Pencapaian tujuan organisasi

2. Uraikan prinsip 7 C dalam komunikasi bisnis!

Jawab.
Menurut Murphy dan hildebrandt (1991), ada 7 prinsip yang harus dipegang saat melakukan komunikasi bisnis:
  • Completness, artinya memberikan informasi selengkap mungkin kepada pihak yang membutuhkan.
  • Conciness, komunikasi disampaikan melalui kata – kata jelas, singkat, dan padat.
  • Concretness, artinya pesan yang dikomunikasikan disusun secara spesifik, tidak bersifat abstrak.
  • Consideration, artinya pesan yang disampaikan mesti mempertimbangkan situasi penerima/komunikan.
  • Clarity, ialah pesan yang disampaikan dengan kalimat yang mudah difahami komunikan.
  • Courtesy, artinya sopan santun dan tata krama merupakan hal yang penting dalam berkomunikasi yang meriupakan bentuk penghargaan kepada komunikan.
  • Corectness, ialah pesan yang dikomunikasikan dibuat secara cermat.

3. elaskan pengertian komunikasi antar pesona dan karakteristiknya!

Jawab.
Joseph A. DeVito (1997) mengemukakan tiga definisi komunikasi antar pesona atau komunikasi antar pribadi berdasarkan: 1. Komponen, 2. Hubungan diadik, 3. Pengembangan. Menurut Tortioriela, et al (1978) komunikasi antarpesona adalah proses interaksi yang didalam makan simulasi pengiriman dan penerimaan pesan di antara dua orang.
Liliweri, dalam Fardiah, 2002 mengemukakan karakteristik komunikasi antarpesona.
  • Komunikasi antarpesona terjadi dimana dan kapan saja.
  • Komunikasi antarpesona merupakan proses yang sinabung.
  • Komunikasi antarpesona mempunyai tujuan tertentu.
  • Komunikasi antarpesona menghasilkan hubungan yang timbul balik, menciptakan serta mempertukarkan maka dimana setiap komunikasi akan menghasilkan hubungan yang kemudian berkembang menjadi relasi dan transaksional yang melengkapi serta meciptakan hubungan.
  • Komunikasi antar pesona merupakan suatu yang dipelajar.
  • Komunikasi antarpesona dapat meramalkan sesuatu.
  • Komunikasi antarpesona sering dan dapat dimulai dengan melakukan kesalahan.

4. Apasaja faktor yang mempengaruhi persepsi antar pesona?

Jawab.
Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi persepsi interpesona. Faktor – faktor tersebut dapat dikelompokan kedalam dua kelompok: faktor internal, yakni faktor yang berasal dari orang yang melakukan persepsi (pelaku persepsi); dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari lingkungan atau orang lain yang dipersepsi (obejk persepsi),.

5. Jelaskan teori atribusi dan motivasi yang erat dengan komunikasi bisnis.

Jawab.

Ketika kita berusaha memersepsi apa yang menyebabkan seseorang itu melakukan tindakan tertentu, dan apakah tindakan seseorang itu jujur, dikenal ada teori atribusi. Teori atribusi meliputi atribusi kausalitas dan atribusi kejujuran. Atribusi kausalitas berusaha memahami/motif tindakan seseorang, apakah karena faktor internal (faktor personal) atau faktor eksternal (faktor situasional).

Menurut Kelley (dalam Rahmat, 1993) untuk menentukan apakah faktor eksternal ataau internal dengan memperhatikan tiga hal: (1) konsensus, apakah orang lain bertibdak sama seperti perilaku persepsi; (2) konsistensi, apakah si pelaku persepsi bertindak sama pada situasi lain; (3) kekhasan (distinctiveness), apakah si pelaku persepsi tidak sama pada situasi lain dan pada orang yang tidak sama. Bila ketiga hal itu tinggi, berarti orang tersebut bertindak karenaa faktor eksternal.

6. Uraikan definisi komunikasi bisnis

Jawab.
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dilakukan antarmanusia dalaam perusahaan dan perusahaan dengan perusahaan lain yang berkaitan dengan pertukaran barang jasa untuk memperoleh keuntungan.
Lingkup komunikasi bisnis adalah mencakup semua aspek bagaimana sharing the ideas in business. Atau expresion, channeling, receiving, and interchanging of ideas in commerce and industry. Artinya mencakup suatu lingkup yang sangat luas yang berkaitan dengan pengutaraan,penyaluran, penerimaan, dann pertukaran gagasan – gagasan. Berikut ini lima pokok komunikasi bisnis.
  • Bentuk komunikasi: oral communication, written communcation, dan gestural communication.
  • Keterampilan komunikasi: merasa; mendengar; membaca.
  • Faktor psikologis: personality; apperance; reputasi.
  • Proses komunikasi: sumber komunikasi, komunikator, pesan.
  • Ilmu -ilmu penunjang: bahasa, psikologi, sosiologi, teknologi (Priyatna dan Ardiyanto, 2009)       

7. Uraikan proses komunikasi dalam komunikasi bisnis

Jawab.
Komunikasi adalah proses mengirimkan, menerima, dan memahami gagasan, serta perasaan dalam bentuk verbal atau nonverbal secara disengaja atau tidak disengaja (Berlo, et. Al. 1995). Proses tersebut melibatkan (1) komunikator yang menyatakan gagasan/perasaan; (2) gagasan/perasaan yang diubah menjadi pesan; (3) pesan yang disampaikan; (4) komunikan yang menerima;(5) reaksi dan umpan balik (efek) yang disampaikan komunikan kepada komunikator.

8. Jelaskan variable komunikasi bisnis

Jawab.
Rosenblaat, et.al. (1977 dalam Iriantara, 2008) menguraikan variabel – variabel komunikasi bisnis dengan menambahi variabel konteks, yaitu.
  1. Sumber atau komunikator merupakan variabel penting dalam komunikasi bisnis. Karena penerimaan atau penolakan suatu pesan komunikasi yang kita sampaikan acap kali dikaitkan dengan penilaian suka atau tidak suka, percaya atau tidak percaya, dan respek atau tidak respek, dari penerima atau komunikan.
  2. Fariabel pesan, diartikan sebagai sesuatu yang berupa gagasan, pendapat, informasi, atau instruksi yang diampaikan komunikator kepada orang lain.
  3. Variabel penerima, kita harus memperhatikan betul karakteristik komunikan. Karakteristik komunikan biasanya dilihat dari sisis fisologis, psikologis, dan sosiologis.
  4. Variabel konteks, ini sangat mempengaruhi keberhasilan komunikasi bisnis. Dalam konteks yang formal, kegiatan komunikasinya mungkin terkendala oleh waktu dan pembicaraan yang formal.
  5. Variabel saluran, komunikasi yang akan digunakan bergantung pada variaable pesan dan penerima, bila penerima pesan itu adalah sejumlah orang yang tidak berdiam disatu tempat, tentu saluran media massa yang akan kita pilih dibandingkan dengan saluran komunikasi tatapmuka.



Itu adalah salah satu chat dengan konsumen PARFUM CINTA beberapa waktu lalu. Ada ribuan testi seperti itu yang puas bahkan berterima kasih karena sudah jual parfum cinta.

Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555

Untuk yang jomblo, aroma khas parfum ini akan berinteraksi ke pikiran yang dapat menimbulkan rasa suka, naksir, bahkan jatuh cinta dari lawan jenis Anda, sehingga memudahkan Anda mencari pasangan.


Untuk yang sudah punya pasangan, parfum ini bisa membuat pasangan Anda lebih mesra, lebih nyaman, makin lengket, dan wanginya bikin tambah kangen.


Untuk yang sudah menikah, parfum ini bisa sedikit berbahaya, hehe. Aroma khasnya akan membuat pasangan Anda pengennya romantisan terus, jdi sering bolos kerja.


KELEBIHAN

Parfum ini juga tidak mengandung alkohol, jadi tidak lengket di baju atau badan Anda. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu was-was, parfum ini halal dan bisa digunakan ketika shalat.


Parfum ini beraroma soft dan tidak nyengat, sangat lembut sehingga banyak yang suka.


Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555


0 Comments