-->

KONSEP DASAR MANAJEMAN SUMBER DAYA MANUSIA


Manajeman sumber daya manusia, disebut juga pengembangan pengembangan sumber daya manusia, berfungsi untuk melaksakan pernecanaan sumber daya manusia, implementasi, dan perekrutan ( termasuk seleksi), pelatihan dan pengembangan karir karyawan, serta melakukan inisiatif terhadap pengembangan organisasional suatu organisasi. Sasaran utama manajeman sumber daya manusia adalah memaksimalkan produktifitas organisasi melalui optimalisasi keaktifan karyawannya dan secara simultan meningkatkan kualitas kehidupan kerja karyawan serta memperlakukan karyawan sebagai sumber daya yang sangat bernilai bagi organisasi. Sebagai konsekuensinya manajeman sumber daya manusia mencakup usaha – usaha untuk mengangkat kemajuan personal, kepuasan karyawan, dan mematuhi ketentuan – ketentuan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

1.   Pengertian Manajeman Sumber Daya Manusia

Mengutip pernyataan Rivai (2005), keberadaan manajeman sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola, mengatur, mengurus, dan menggunakan SDM sehingga dapat berfungsi secara produktif, efektif, dan efesien untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu definisi MSDM sendiri adalah pendekatan strategik dan koheran untuk mengelola aset paling berharga milik organisasi yaitu orang – orang yang bekerja di dalam organisasi, baik secari individu maupun kolektif, dalam rangka memberikan sumbangan untuk mencapai sasaran organisasi.

2.       Prinsip – Prinsip Manajeman Sumber Daya Manusia

a.       Prinsip – prinsip manajeman sumber daya manusia organisasi bisnis

Menurut Soetjipto (2006) ada 3 prinsip yang harus diperhatikan oleh manajeman SDM agar tugas dan kewajiban mengurus dan mengoordinasikan SDM organisasi dapat berjalan secara efektif dan efesien.

Pertama, pengelolaan SDM berorientasi pada layanan. Menurut Soetjipto prinsip ini perlu guna mencegah pengelolaan SDM secara mekanis yang hanya akan menghasilkan output yang seragam seperti tata cara, pedoman kerja, dan formulir – formulir  yang berkaitan dengan pengelolaan SDM.

Kedua. Pengelolaan SDM dengan memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada karyawan untuk berperan aktif dalam pengelolaan perusahaan. Dengan prinsip ini diharapkan pekerjaan menjadi lebih menarik sehingga mendorong semangat kerja karyawan dan memotivasi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Ketiga adalah pengelolaan SDM yang mampu menumbuh kembangkan jiwa entrepreneur dalam diri setiap individu karyawan didalam perusahaan. Jiwa entrepreneur ini penting untuk meningkatkan kreativitas, keahlian dan keterampilan, serta keberanian mengambil risiko.

b.      Prinsip – prinsip manajeman sumber daya manusia pelayanan publik (Public Service).

Berman, E. M., et al. (2001) menyebutkan tujuh prinsip manajeman sumber daya manusia pelayanan publik. Prinsip – prinsip tersebut sebagai berikut.


1.   Adanya peran yang banyak (many roles) dari pelayan publik.

2. Masalah nilai. kompetensi 'netral' kantor pelayan publik sejak awal ditekankan menggunakan sistem merit.

3.   Memahami dasar pemikiran dari suatu sistem personel.

4.   Alternatif - alternatif unik untuk pelayanan sipil.

5.  Peraturan perundangan. Sistem personel publik, proses, dan peraturan seringkali didasarkan pada persyaratan - persyaratan legal.

Baca Juga : 

3.           Tujuan Manajeman SDM

Tujuan MSDM secara keseluruhan adalah untuk memastikan bahwa organisasi mampu mencapai keberhasilan melalui manusia. Seperti diungkapkan oleh Ulrich dan Lake (1990), sistem MSDM dapat menjadi sumber kapabilitas organisasi yang memungkinkan perusahaan belajar dan memperagakan kesempatan untuk peluang baru secara khusus, tujuan MSDM adalah sebagai berikut.

1.  Memungkinkan organisasi mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja yang cakap, dapat dipercaya dan memiliki motivasi tinggi, seperti yang dibutuhkan

2. Meningkatkan dan memperbaiki kapasitas yang melekat pada manusia konstribusi, kemampuan  dan kecakapan mereka.

3.  Mengembangkan sistem kerja dengan kinerja tinggi yang meliputi prosedur perekrutan seleksi yang teliti, sistem kompensasi dan insentif yang tergantung pada kinerja, dan pengembangan manajeman serta aktivitas pelatihan yang terkait dengan kebutuhan bisnis (becker et al. 1997).

4.     Fungsi manajeman sumber daya manusia

Fungsi MSDM meliputi berbagai aktivitas yang secara signifikan mempengaruhi keseluruhan area kerja suatu organisasi yang terdiri atas perencanaan, pengangkatan dan pemberhentian karyawan, pengupahan dan pemberian tunjangan, penilaian kinerja penghargaan dan pengembangan karier, pelatihan dan pengembangan, keselamatan dan kesehatan kerja kepemimpinan, dan produktivitas.


Terimakasih, semoga bermanfaat. 

Sumber: Manajeman Sumber Daya Manusia/EKMA4214/Modul-1/keg-1



Itu adalah salah satu chat dengan konsumen PARFUM CINTA beberapa waktu lalu. Ada ribuan testi seperti itu yang puas bahkan berterima kasih karena sudah jual parfum cinta.

Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555

Untuk yang jomblo, aroma khas parfum ini akan berinteraksi ke pikiran yang dapat menimbulkan rasa suka, naksir, bahkan jatuh cinta dari lawan jenis Anda, sehingga memudahkan Anda mencari pasangan.


Untuk yang sudah punya pasangan, parfum ini bisa membuat pasangan Anda lebih mesra, lebih nyaman, makin lengket, dan wanginya bikin tambah kangen.


Untuk yang sudah menikah, parfum ini bisa sedikit berbahaya, hehe. Aroma khasnya akan membuat pasangan Anda pengennya romantisan terus, jdi sering bolos kerja.


KELEBIHAN

Parfum ini juga tidak mengandung alkohol, jadi tidak lengket di baju atau badan Anda. Bagi yang beragama Islam, tidak perlu was-was, parfum ini halal dan bisa digunakan ketika shalat.


Parfum ini beraroma soft dan tidak nyengat, sangat lembut sehingga banyak yang suka.


Pemesanan Hubungi:
WhatsApp / SMS (ISAT): 085608861555


0 Comments